Persiapan Ucapan Syukur dan Perayaan Imlek 2566 GKII Bethel Sintang

Selamat Tahun baru Imlek 2566

Selamat Tahun Baru Imlek 2566

Segenap Jemaat Gereja kemah Injil Indonesia Jemaat “BETHEL” Sintang mengucapkan: SELAMAT TAHUN BARU IMLEK 2566, Gong Xi Fa Cai – Zhu Ni Fu Yu Ni.

GKII Bethel Sintang.Imlek adalah hari raya panen, merupakan salah satu hari raya penting bagi orang Tionghoa. tahun baru Imlek merupakan hari perayaan berakhirnya musim dingin, dan tiba saatnya memasuki musim semi. Ini sangat penting bagi masyarakat Tionghoa yang agraris kala itu.

Seminggu sebelum Imlek, masyarakat Tionghoa mulai mengadakan persiapan seperti bersih-bersih rumah, membeli berbagai hal keperluan hari raya seperti baju baru, dan pada hari Imlek mereka saling berkunjung, berkumpul dan makan bersama keluarga besar.

Ada beberapa mitos yang berkembang dalam kebudayaan Tionghoa dalam menyambut Imlek, seperti untuk mengusir roh-roh yang jahat, menggunakan petasan atau mercon. Dan menurut legenda, pada saat imlek, ada makhluk jahat bernama Nian yang suka makan manusia, oleh karena itu harus diusir dengan kain merah atau memakai baju merah.

GKII Bethel Sintang berbenah untuk Perayaan Imlek pada hari Jumat, 27/02/2015, jam 18.00

GKII Bethel Sintang berbenah untuk Perayaan Imlek pada hari Jumat, 27/02/2015, jam 18.00

Tentu sebagai orang Kristen, tentu kita tidak mempercayai hal tersebut. Karena, tentu setan tidak takut kepada warna merah atau baju merah, tetapi takut kepada “Darah’ Tuhan YESUS yang telah membasuh dosa orang percaya, sehingga setiap orang percaya mengenakan ‘tanda materai’ milik YESUS , yakni ada ROH KUDUS dalam hidupnya, sehingga setan akan lari dari padanya.

Sebagai orang percaya yang berlatar budaya Tionghoa, kita tidak salah membunyikan petasan dan memakai pakaian khas imlek berwarna merah, tentu dengan motivasi hanya untuk memeriahkan semarak perayaan Tahun baru Imlek – dan bukan untuk mengusir roh jahat!. Roh Kudus Allah yang ada didalam saya dan saudara lebih besar dari segala roh yang ada didunia, karena Dia adalah pribadi Allah, pencipta Alam Semesta ini.

Dan pada perayaan Cap Go Meh, yakni pada tanggal 15 dan bulan purnama, biasanya orang Tionghoa memakan ronde/onde yang terbuat dari ketan yang diisi kacang, bentuknya bulat, dianggap mewakili ‘kesempurnaan’. Selain itu, selama perayaan imlek selama 15 hari ini, rumah-rumah dan toko biasa menggantung lampion yang umumnya berwarna merah, sungguh suatu pemandangan yang sangat indah.

Lampion yang indah menghiasai GKII Bethel Sintang pada Imleh 2566

Lampion yang indah menghiasai GKII Bethel Sintang pada Imlek 2566

Banyak saudara seiman yang bertanya, sebagai seorang yang berasal dari etnis Tionghoa, tetapi saat ini  telah menjadi milik Kristus, apakah masih diperbolehkan untuk merayakan Imlek?

Jawabannya: BOLEH.

Namun dengan beberapa catatan bahwa kita merayakan Imlek dengan memandang hari tersebut sebagai hari baik yang baru diberikan Tuhan, hari yang membawa harapan baru untuk semakin maju didalam Tuhan. Kita merayakan Imlek dengan hanya menyembah kepada Bapa yang kita kenal melalui YESUS KRISTUS, jangan sampai kita terbawa ajakan untuk menyembah dewa-dewi buatan tangan manusia atau hasil pikiran filsafat manusia yang menyesatkan.

Gunakan moment imlek untuk bersilaturahmi dengan sanak saudara, sembari membawa terang Injil Kristus kepada saudara kita yang masih hidup dalam kegelapan. Ingatlah, NERAKA menanti mereka yang berkeras menolak Kristus, mari kita rebut mereka dari Jurang Neraka kekal.

Adat istiadat memiliki sisi yang baik dan juga buruk. Sisi baik kita terima, tetapi yang buruk dan bertentangan dengan Firman Tuhan kita tolak. Bagaimana kita memilih dan memilah budaya yang bertentangan dengan Firman Tuhan atau tidak? caranya adalah dengan ‘Bercermin’ pada Alkitab, melihat kebenaran Alkitab, karena Alkitab adalah sebuah kanon standar KEBENARAN, diinspirasikan oleh Roh Kudus dan memiliki kuasa untuk mengubahkan, memberi hikmat kepada yang tidak berpengetahuan.

Selain itu, jangan ragu bertanya kepada pada Hamba Tuhan di Gereja saudara, untuk mendapat pijakan lebih kuat dalam melaksanakan tradisi. Selamat Merayakan Imlek 2566, kiranya anda semakin maju didalam perkara-perkara rohani, dan kiranya Tuhan YESUS selalu memberkati saudara sekeluarga.

Oh ya, kami juga mengundang saudara, untuk menghadiri UCAPAN SYUKUR & PERAYAAN IMLEK 2566 pada hari Jumat, 27 Pebruari 2015, Jam 18.00 Wib di GKII Bethel Bintang. Kami ingin berbagi sukacita Imlek bersama saudara, karena itu, ajak teman, rekan dan handai taulan untuk hadir, kami akan dengan hangat dan senang hati menyambut saudara.

Tuhan YESUS memberkati  & Salam Jabat Erat 🙂

Perayaan Imlek 2566: Hari Jumat, 27 Pebruari 2015, jam 18.00 | Anda diundang untuk hadir

Perayaan Imlek 2566: Hari Jumat, 27 Pebruari 2015, jam 18.00 | Anda diundang untuk hadir

Tags

About admin

Admin web GKIIbethel.com