Respon Manusia terhadap kehadiran YESUS, Sang Pencipta semesta yang hadir di bumi

KMR Pagi bersama Pdt. William carry marthinus

KMR Pagi bersama Pdt. William carry marthinus

Pdt. William Carry Marthinus

Pdt. William Carry Marthinus

Pada hari Minggu, 05 Januari 2013, diadakan KEBAKTIAN MINGGU RAYA PAGI di GKII BETHEL Sintang.  Firman Tuhan disampaikan oleh Pdt. William Carry Marthinus, beliau adalah Gembala GKII Genezaret Kelam Permai.

Thema khotbah adalah “Tanggapan manusia terhadap kedatangan YESUS KRISTUS di bumi“.

Terambil dari kitab Matius pasal 2: 1-18. Matius Pasal 2:1-18 mengisahkan tentang orang Majus dari timur yang sengaja datang ke Yerusalem, lalu ke Betlehem untuk MENYEMBAH bayi yang baru lahir, yakni YESUS.  Perkiraan tahun 7-6 Sebelum masehi.

Orang majus yang ahli Astronomi, datang dari jauh berbulan-bulan lamanya, mereka mengikuti ‘bintang’ yang menandakan kelahiran seorang Raja Israel.

Berikut petikan kisahnya dari Alkitab:

Matius 2:1-16:
2:1 Sesudah Yesus dilahirkan di Betlehem di tanah Yudea pada zaman raja Herodes, datanglah orang-orang majus dari Timur ke Yerusalem.

Orang Majus datang ke Yerusalem

Orang Majus datang ke Yerusalem

2:2 dan bertanya-tanya: “Di manakah Dia, raja orang Yahudi yang baru dilahirkan itu? Kami telah melihat bintang-Nya di Timur dan kami datang untuk menyembah Dia.”
2:3 Ketika raja Herodes mendengar hal itu terkejutlah ia beserta seluruh Yerusalem.
2:4 Maka dikumpulkannya semua imam kepala dan ahli Taurat bangsa Yahudi, lalu dimintanya keterangan dari mereka, di mana Mesias akan dilahirkan.
2:5 Mereka berkata kepadanya: “Di Betlehem di tanah Yudea, karena demikianlah ada tertulis dalam kitab nabi:
2:6 Dan engkau Betlehem, tanah Yehuda, engkau sekali-kali bukanlah yang terkecil di antara mereka yang memerintah Yehuda, karena dari padamulah akan bangkit seorang pemimpin, yang akan menggembalakan umat-Ku Israel.”
2:7 Lalu dengan diam-diam Herodes memanggil orang-orang majus itu dan dengan teliti bertanya kepada mereka, bilamana bintang itu nampak.
2:8 Kemudian ia menyuruh mereka ke Betlehem, katanya: “Pergi dan selidikilah dengan seksama hal-hal mengenai Anak itu dan segera sesudah kamu menemukan Dia, kabarkanlah kepadaku supaya aku pun datang menyembah Dia.”
2:9 Setelah mendengar kata-kata raja itu, berangkatlah mereka. Dan lihatlah, bintang yang mereka lihat di Timur itu mendahului mereka hingga tiba dan berhenti di atas tempat, di mana Anak itu berada.
2:10 Ketika mereka melihat bintang itu, sangat bersukacitalah mereka.
2:11 Maka masuklah mereka ke dalam rumah itu dan melihat Anak itu bersama Maria, ibu-Nya, lalu sujud menyembah Dia. Mereka pun membuka tempat harta bendanya dan mempersembahkan persembahan kepada-Nya, yaitu emas, kemenyan dan mur.
2:12 Dan karena diperingatkan dalam mimpi, supaya jangan kembali kepada Herodes, maka pulanglah mereka ke negerinya melalui jalan lain.
2:13 Setelah orang-orang majus itu berangkat, nampaklah malaikat Tuhan kepada Yusuf dalam mimpi dan berkata: “Bangunlah, ambillah Anak itu serta ibu-Nya, larilah ke Mesir dan tinggallah di sana sampai Aku berfirman kepadamu, karena Herodes akan mencari Anak itu untuk membunuh Dia.”
2:14 Maka Yusuf pun bangunlah, diambilnya Anak itu serta ibu-Nya malam itu juga, lalu menyingkir ke Mesir,
2:15 dan tinggal di sana hingga Herodes mati. Hal itu terjadi supaya genaplah yang difirmankan Tuhan oleh nabi: “Dari Mesir Kupanggil Anak-Ku.”
2:16 Ketika Herodes tahu, bahwa ia telah diperdayakan oleh orang-orang majus itu, ia sangat marah. Lalu ia menyuruh membunuh semua anak di Betlehem dan sekitarnya, yaitu anak-anak yang berumur dua tahun ke bawah, sesuai dengan waktu yang dapat diketahuinya dari orang-orang majus itu.
2:17 Dengan demikian genaplah firman yang disampaikan oleh nabi Yeremia:
2:18 “Terdengarlah suara di Rama, tangis dan ratap yang amat sedih; Rahel menangisi anak-anaknya dan ia tidak mau dihibur, sebab mereka tidak ada lagi.”

Ternyata, kadatangan Yesus Kristus, Tuhan PENYELAMAT manusia di bumi ditanggapi berbeda oleh manusia.

Ada yang menyambut Dia (orang Majus dari timur), ada yang mengetahui siapa itu mesias tapi tidak perduli dan tidak mau tahu (kelompok Imam2 Kepala dan Ahli Taurat) dan ada yang merasa tersaingi dan ingin menghabisi sang Raja/ Mesias (yakni si herodes).

3 Jenis tanggapan atau respon manusia saat Sang pencipta datang sebagai bayi Yesus, nyata menggambarkan sebagain besar dari jenis-jenis tanggapan manusia saat ini terhadap Yesus Kristus.

Tanggapan Pertama: mewakili kita anak-anakNya yang mengasihi Yesus, menyambut Dia dan memberi tempat kepada Yesus di hati dan hidup kita sebagai Tuhan dan Raja yang berdaulat penuh atas seantero kehidupan kita. Karena kita tahu, bahwa ternyata Yesus itu adalah Tuhan pencipta semesta yang datang ke dunia untuk menyelamatkan manusia dari hukuman dosa. Orang majus melihat bintang MessiasOrang majus mengikuti Bintang sang Raja Damai

Tanggapan kedua: seperti para Imam-Imam Kepala dan para Ahli Taurat, mereka mengetahui siapa itu mesias, tetapi mereka tidak memberikan reapon positif terhadap kedatanganNya. Mereka tahu kebenaran tetap tidak menjalankannya. Ini mirip dengan kita yang tahu kebenaran tetapi tidak hidup didalamnya.

Imam Kepala & Ahli Taurat di tanyai oleh raja Herodes

Imam Kepala & Ahli Taurat di tanyai oleh raja Herodes

Tidak ada kerinduan akan persekutuan orang percaya, malas baca kitab suci dan cuek terhadap kegiatan rohani, lebih senang dengan kegiatan sekuler dan yang senang mendengarkan khotbah yang memuaskan telinga saja.

Tanggapan ketiga: Herodes yang berusaha menghabisi Mesias. Ia merasa terancam kedudukannya, karena partanyaan orang majus: Dimanakah Dia, Raja orang Yahudi yang baru dilahirkan itu?

Ilustrasi Herodes menerima  orang Majus di istananya

Ilustrasi Herodes menerima orang Majus di istananya

Ia sebagai raja merasa terancam dan berniat menghabisi Mesias. Karena orang Majus tidak kembali kepadanya untuk memberi informasi lebih banyak tentang ‘Bayi Mesias”, maka Ia menjadi murka dan memerintahkan untuk membunuh semua bayi di Betlehem dan sekitarnya yang berusia 2 tahun kebawah. Betapa celakanya orang ini, selain menentang Yang Mahatinggi, ia juga berbuat kekejian dengan melakukan pembunuhan besar2an.

Benyak ‘herodes zaman modern’, mereka menghalangi pemberitaan Injil dan menganiaya serta membunuhi dan mengebom orang percaya. Gereja2 gereja dirusak, orang Kristen dipersulit di pemerinntahan atau menjadi pemimpin.
Horodes-herodes zaman ini melakukan kekejian dengan cara memutar balikkan kebenaran Alkitab, mengatakn Alkitab telah dipalsukan tapi sering mencomot ayat2 Alkitab untuk mendukung kesesatannya.
Bahkan lebih parah lagi menyatakan bahwa Yesus diangkat sebagai TUHAN pada tahu 325 Masehi. Khacau….

Yesus berkata: Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sebelum Abraham/ Ibrahim jadi, Aku telah ada.
YESUS juga berkata: Aku dan BAPA adalah satu.

Apa respon saudara ttg YESUS Kristus?

—————————————————————————–

Info Tambahan lainnya mengenai orang Majus:

Menurut William Saunders, Dean Notre Dame Graduate School of Christendom College, kata “majus” sendiri berasal dari kata “magos/ magio” (bahasa Yunani) kemungkinan adalah anggota dari kalangan imam Persia kuno, yang dapat menginterpretasikan bintang.

Di jaman Alkitab ditulis, di Persia memang pengetahuan astrologi dan astronomi cukup berperan. Heredotus, seorang ahli sejarah di abad 5 BC juga membuktikan adanya peran astrologi yang kuat pada kalangan imam di Persia.

Kunjungan Orang majus ini telah dinubuatkan dalam Perjanjian Lama, Bileam menubuatkan kedatangan Mesias yang akan ditandai oleh bintang: “Aku melihat Dia, tetapi bukan sekarang; aku memandang Dia tetapi bukan dari dekat; bintang terbit dari Yakub; tongkat kerajaan timbul dari Israel….” (Bil 24:17),
demikian juga Mzm 72:10-11, “… kiranya raja-raja dari Tarsis dan pulau-pulau membawa persembahan-persembahan; kiranya raja-raja dari Sheba dan Seba menyampaikan upeti. Kiranya semua raja sujud menyembah kepada-Nya, dan segala bangsa menjadi hamba-Nya!”

Nubuatkan oleh Nabi Yesaya dalam Yes 60:6: Sejumlah besar unta akan menutupi daerahmu, unta-unta muda dari Midian dan Efa. Mereka semua akan datang dari Syeba, akan membawa emas dan kemenyan, serta memberitakan perbuatan masyhur TUHAN.

Editor: TU GKII Bethel….

Sumber Gambar:
pustakadigitalkristiani.blogspot.com
id.wikibooks.org
samgarstudybible.wordpress.com
Sumber lainnya

About admin

Admin web GKIIbethel.com